Pasar Cililitan berada di Jalan Raya Bogor No. 01 dibangun oleh Pasar Jaya. Pasar ini merupakan pasar yang sangat ramai. Buka dari pukul 08-00 sampai dengan hari gelap tiba menandakan banyaknya aktivitas yang dilakukan tidak hanya oleh pedagang yang menjual beragam barang dagangan, seperti; pakaian, pernak pernik, tas, dan kebutuhan domestik lainnya, tetapi juga kedatangan pengunjung dengan keperluan masing-masing. Sehingga dapat dikatakan aktivitas para pengunjung Pasar Cililitan berlangsung selama kurang lebih satu hari, yang mana akan melewati waktu-waktu ibadah bagi yang menjalankannya. Sebagai ruang publik, tentu saja beberapa fasilitas yang diberikan oleh pengurus pasar atau daerah setempat untuk memberikan kenyamanan para pedagang dan juga pengunjung seperti halnya, musholla.

Terdapat musholla di Pasar Cililitan yang didirikan pada tahun 1994 yang diberikan nama yaitu At-Taubah. Secara literal, musholla At-Taubah berasal dari kata taubat dan memiliki tujuan khusus selain menjadi fasilitas ibadah para pengunjung pasar tetapi juga untuk memberikan pemahaman kepada preman setempat agar semakin rajin beribadah.

Sebagai pedagang yang hampir satu harinya dihabiskan untuk beraktivitas di daerah pasar, maka tidak jarang musholla At-Taubah dimanfaatkan untuk berkegiatan ibadah seperti mengaji bersama, latihan marawis, dan ibadah sholat tarawih di bulan Ramadhan. Sayangnya, semangat untuk melanjutkan rutinitas ini semakin menurun seiring berjalannya waktu, sehingga rutinitas tersebut semakin berkurang bahkan tidak dijalankan lagi. Banyak alasan yang menjadi kendala mengapa rutinitas ibadah ini tidak diprioritaskan oleh warga setempat yang salah satunya adalah kebersihan, baik kebersihan di dalam musholla ataupun di luar musholla itu sendiri.

Hal ini menjadi sesuatu yang disayangkan jika kegiatan duniawi tidak diimbangi dengan amalan-amalan untuk di akhirat hanya karena hal kecil seperti menjaga kebersihan menjadi kendala. Jika kita merenungi pada suatu hadis yang menyebutkan bahwa kebersihan sebagian dari iman, maka alangkah baiknya kita bersama-sama merawat musholla At-Taubah menjadi tempat yang lebih layak. Kenyaman tidak terbentuk dengan sendirinya sehingga butuh dukungan orang-orang yang ringan tangan dan peduli atas keimanan diri masing-masing.

Share This